My Inspiring Person Michael Jordan




Meskipun Michael Jordan sudah lama pensiun, sosoknya sulit tergantikan di NBA hingga kini. Ia bukan saja piawai dalam memainkan bola basket, tetapi prinsip hidupnya juga banyak yang meneladani. Ia benar-benar profesional dan menjalani profesinya nyaris dengan sempurna. Prinsip hidupnya itu bisa diterapkan di berbagai kehidupan.

Apa sebenarnya prinsip hidupnya sehingga ia menjadi sosok sukses?

1. Ambil tanggung jawab

Sukses yang diraihnya bukan pemberian, melainkan diraih dengan usaha keras. Ia menyebutkan, ia sendiri yang bertanggungjawab atas sukses-tidaknya dirinya.

2. Cobalah

"Tak masalah gagal, setiap orang pasti pernah gagal. Tapi saya tak bisa menerima jika tak pernah mencobanya," ujarnya. Inilah kelebihan take action. 

3. Jangan malu gagal 

"Saya gagal memasukkan bola lebih dari 9.000 kali dalam karier saya. Saya kalah dalam hampir 300 pertandingan. Sebanyak 26 kali saya dipercaya untuk mengeksekusi bola yang seharusnya membawa tim saya menang, tapi ternyata saya gagal. Saya berkali-kali gagal, tetapi hal itulah yang membuat saya sukses," ujarnya. Karena itu, tak perlu malu saat gagal, justru itu pembelajaran yang sangat berarti yang akan mendorong seseorang untuk sukses. 

4. Komitmen 

Sekali menentukan tujuan, setelah itu tak pernah berpaling. "Game (pertandingan bola bakset) itu adalah istri saya, yang meminta loyalitas dan tanggungjawab saya. Dan (sebagai imbalannya) ia memenuhi keinginan saya dan kedamaian," katanya. Itulah makna komitmen. Karena itu, sekali menentukan tujuan, setelah itu fokus dan bekerja keras melakukannya. 

5. Nikmati permainanmu 

Dalam berbagai hal, orang sukses terjadi karena ia mencintai pekerjaannya. Dengan cinta yang dalam seseorang hampir tak kenal capek dan selalu bergairah untuk mengerjakannya. Sebaliknya, tanpa cinta orang akan cepat lelah dan bahkan asal-asalan mengerjakannya sehingga prestasi besar menjauh darinya. "Just play. Have fun. Enjoy the game," kata Jordan. 

6. Kejarlah kemenangan 

Jika turun ke gelanggang jangan menargetkan seri atau kalah. Pancangkan tekad untuk menang. "Saya main untuk memenangkan pertandingan. Saya tak peduli apakah itu latihan atau pertandingan sebenarnya. Saya tak membiarkan sesuatu mengganggu saya untuk memenangkannya," katanya. 

7. Egois tapi tetap sederhana 

"Untuk sukses Anda harus mementingkan diri sendiri, atau tidak pernah mencapai apa yang diinginkan. Namun setelah mencapainya, jangan egois. Tetaplah bisa dijangkau. Jangan menutup diri," kata Jordan. 

8. Temukan jalannya 

"Rintangan tidak harus menghentikan Anda. Jika Anda berjalan lalu terhadang tembok, jangan mengalah atau berbalik arah. Cari cara untuk menaikinya atau menembusnya. Jikat tidak bisa, bekerjalah di sekitarnya," katanya. 

9. Bangunlah keinginan sendiri 

"Jika Anda menerima keinginan orang lain, terutama yang negatif, Anda tak akan bisa mengubah hasilnya (sesuai keinginan Anda)," katanya. Hidup dengan mengejar keinginan orang lain hanya akan memenuhi keinginan mereka. Maka jadilah diri sendiri, dan kejarlah keinginan sendiri. Itulah moto sukses Jordan. 

10. Ambilah sekarang 

Kebiasaan menunda kesempatan yang datang sering kali disebabkan karena seseorang takut mengambilnya. "Saya tak pernah melihat apa akibatnya jika saya gagal saat akan memasukkan bola. Karena jika memikirkannya selalu muncul pikiran-pikiran negatif," kata Jordan. Karena itu lakukan saja saat suatu peluang datang. Biarkan konsekuensinya berjalan pelan-pelan dan kalaupun itu bermasalah (gagal) bisa diatasi setahap demi setahap. 

        


0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler